Jumat, 10 Desember 2010

SKL UN IPA SMP/MTs 2010/2011

SKL UN IPA(Fisika &Biologi) SMP/MTs 2010/2011

Bagi adik-adik yang ingin sukses pada UN IPA 2010/2011, ada baiknya adik-adik diwajibkan membaca SKL berikut dan belajar materi-materi yang berhubungan dengan SKLtersebut, karena adik-adik perlu ketahui bahwa, SKL itu adalah bocoran soal UN lho...... Makanya ayo baca SKL UN IPA dan belajar materi-materinya berdasarkan SKL ..................ok???!
"SALAM SUKSES..."


SKL 1 : Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
  1. Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
SKL 2 : Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
  1. Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis (P = m/v)
  2. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada suatu zat ( Q = m x c (T2 - T1) atau Q = m x L atau Q = m x U )
SKL 3 : Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi ) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
  1. Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
  2. Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat ( tekanan pada zat padat (P =F/A), tekanan hidostatis ( Ph = p x g x h ), hukum pascal ( F1/A1 =F2/A2), Hukum archimedes ( Fa = Wu -Wa), Fa = p x g x v))
  3. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari
  4. Menentukan besaran fisika pada usaha (w = F.s) atau energi ( Ep = m.g.h), (EK = 1/2 m.v2), (EM = EP + EK)
  5. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (Tuas, bidang miring, atau katrol)
SKL 4 : Memahami kondep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi dan optik dalam produk teknologi sehari-hari

Indikator :
  1. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran (T = t/n atau f = n/t) atau gelombang
  2. Menjelaskan ciri atau sifat bunyi serta pemanfaatannya
  3. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan didepan cermin atau lensa ( 1/f = 1/s' + 1/s atau 2/R = 1/s' + 1/s)) untuk cermin cekung atau lensa cembung (f dan R selalu positip dan cemin cembung atau lensa cekung ( f dan R selalu negatif)
  4. Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaaannya dalam kehidupan sehari-hari
SKL 5 : Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dai bentu dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
  1. Menjelaskan fenomena listrik statis
  2. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik ( I = Q/t), (V = I.R), (1/Rp = 1/R1 +1/R2+ .....) (Rs = R1 + R2 +.....) ( I = I1 +I2 +I3 +...=I')
  3. Menentukan besaran dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari ( W = V.I.t) ( P = V.I)
  4. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkannya
  5. Menejelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi
SKL 6 : Memahami sistem tata surya dan proses terjadi di dalamya

Indikator:
  1. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
  2. Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di perDaftar Bernomormukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan (pemanasan global)

SKL 7: Menjelaskan ciri-ciri makluk hidup

Indikator :
  1. Mendeskripsikan cirri-ciri makluk hidup
  2. Menentukab dasar pengelompokkan makluk hidup
SKL 8 : Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makluk hidup dalam lingkungan, pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makluk hidup dalam kehidupan

Indikator :

  1. Mendeskripsikan interaksi antarmakluk hidup dan ekosistem
  2. Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
  3. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makluk hidup
  4. Memprediksi hubungan antara kepadatan pupulasi manusia dengan lingkungan
SKL 9: Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/ organ-organ pada manusia dan tumbuhan

Indikator :
  1. Mengidentifikasi bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia
  2. Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut
  3. Mendeskripsikan system peredaran darah pada manusia
  4. Mendeskripsikan proses pada system ekskresi (ginjal)
  5. Mendeskripsikan system saraf pada manusia
  6. Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan /organ pada tumbuhan
  7. Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
  8. Mendeskripsikan proses fotosintesis pada percobaan-percobaan tentang proses tersebut
SKL 10 : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan , teknologi dan masyarakat
Indikator :
  1. Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
  2. Menginterprestasikan hasil persilangan berdasarkan hukum mendel
  3. Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
  4. Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan
SKL 11 : Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan,zat aditif,dan psikotropika, serta pengaruhnya terhadap kesehatan

Indikator:
  1. Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan
  2. Mendeskripsikan pengaruh zat aditif/psikotropika pada tubuh kita Tebal Miring

Tidak ada komentar: